TUGAS
PROFILE
PT.INDOMARET (Indomarco)
Dosen: Lukman setiawan S,Si,S.Psi,SE,MM
NAMA : TAMRIYANTO
KELAS : AKUNTANSI
STAMBUK : 4512013115
UNIVERSITAS BOSOWA
2016
SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA PT.INDOMARET
Indomaret merupakan jaringan minimarket yang
menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan
kurang dari 200 M2. Dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, cikal bakal
pembukaan Indomaret di Kalimantan dan toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta
Utara, pada tahun 1988. Tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai
waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret teruji dengan lebih dari 230
gerai. Pada Mei 2003 Indomaret meraih penghargaan “Perusahaan Waralaba 2003″
dari Presiden Megawati Soekarnoputri. Hingga Mei 2010 Indomaret mencapai 4261
gerai. Dari total itu 2.444 gerai adalah milik sendiri dan sisanya 1.817 gerai
waralaba milik masyarakat, yang tersebar di kota-kota di Jabotabek, Jawa Barat,
Jawa Timur, Jawa Tengah, Jogjakarta, Bali, Lampung dan Medan. Di DKI Jakarta
terdapat sekitar 488 gerai. Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan,
gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan
pada motto “mudah dan hemat”. Lebih dari 3.500 jenis produk makanan dan
non-makanan tersedia dengan harga bersaing, memenuhi kebutuhan konsumen
sehari-hari. Pada awal tahun 2011, Indomaret merubah logo baru, yaitu logo
Indomaret di dalam kotak berwarna merah, biru dan kuning dari atasnya.
VISI DAN MISI PT.INDOMARET
VISI
“Terwujudnya Koordinasi Bidang Kesejahteraan Rakyat Untuk Mencapai Indonesia Sejahtera, Maju, dan Mandiri 2020”
“Terwujudnya Koordinasi Bidang Kesejahteraan Rakyat Untuk Mencapai Indonesia Sejahtera, Maju, dan Mandiri 2020”
Makna
dari Visi Indonesia yang sejahtera, maju dan mandiri tersebut selaras dengan
tugas dan fungsi yang menjadi tanggungjawab dan diberikan kepada Kementerian
Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat. Sejahtera
dapat diartikan suatu kondisi masyarakat yang telah terpenuhi kebutuhan dasarnya.
Kebutuhan dasar tersebut berupa kecukupan dan mutu pangan, sandang, papan,
kesehatan, pendidikan, lapangan pekerjaan, dan kebutuhan dasar lainnya seperti
lingkungan yang bersih, aman dan nyaman. Juga terpenuhinya hak asasi dan
partisipasi serta terwujudnya masyarakat beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa.
Maju
diartikan masyarakat yang mampu bersaing, menguasai ilmu pengetahuan dan
teknologi, mampu mengakses informasi, kreatif, inovatif dan profesional serta
berwawasan ke depan yang luas.
Mandiri
diartikan sebagai masyarakat yang mampu mengatasi masalah-masalah di bidan
politik, ekonomi, sosial dan keamanan, serta mempunyai prinsip dan dapat
bekerjasama dengan negara lain.
MISI
Guna mewujudkan Visi, Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat menetapkan Misi. Misi diharapkan dapat terlaksana demi terwujudnya Visi yang telah ditetapkan sebelumnya.
Adapun Misi Kementerian Koordinator Bidang Kesra adalah :
“Mewujudkan Koordinasi Perencanaan dan Penyusunan Kebijakan, serta Sinkronisasi Pelaksanaan Kebijakan, Pengendalian Penyelenggaraan dan Pengawasan Pelaksanaan Kebijakan di Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Penanggulangan Kemiskinan” melalui koordinasi kebijakan :
1. Pembangunan kesejahteraan sosial;
2. Pembangunan kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan hidup;
3. Pembangunan pemberdayaan perempuan dan kesejahteraan anak;
4. Pembangunan pendidikan dan aparatur negara serta pemuda dan olahraga;
5. Pembangunan agama, budaya dan pariwisata;
6. Penanggulangan kemiskinan;
7. Pengembangan dan peningkatan sistem informasi, penyediaan tenaga, dana, sarana dan prasarana.
Penyelenggaraan program khusus dari Presiden dan penyelesaian masalah strategis bidang kesejahteraan rakyat dan penanggulangan kemiskinan.
MISI
Guna mewujudkan Visi, Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat menetapkan Misi. Misi diharapkan dapat terlaksana demi terwujudnya Visi yang telah ditetapkan sebelumnya.
Adapun Misi Kementerian Koordinator Bidang Kesra adalah :
“Mewujudkan Koordinasi Perencanaan dan Penyusunan Kebijakan, serta Sinkronisasi Pelaksanaan Kebijakan, Pengendalian Penyelenggaraan dan Pengawasan Pelaksanaan Kebijakan di Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Penanggulangan Kemiskinan” melalui koordinasi kebijakan :
1. Pembangunan kesejahteraan sosial;
2. Pembangunan kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan hidup;
3. Pembangunan pemberdayaan perempuan dan kesejahteraan anak;
4. Pembangunan pendidikan dan aparatur negara serta pemuda dan olahraga;
5. Pembangunan agama, budaya dan pariwisata;
6. Penanggulangan kemiskinan;
7. Pengembangan dan peningkatan sistem informasi, penyediaan tenaga, dana, sarana dan prasarana.
Penyelenggaraan program khusus dari Presiden dan penyelesaian masalah strategis bidang kesejahteraan rakyat dan penanggulangan kemiskinan.
STRUKTUR
PT. INDOMARET
BENTUK
STRUKTUR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PROFIL PERUSAHAAN
PT.
Indomarco Prismatama mempunya karakteristik bentuk organisasi dimana di
dalamnya terdapat pembagian tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang
didelegasikan kepada anggota-anggotanya serta mempersiapkan kegiatan-kegiatan
tersebut untuk dapat menjalankan rencana yang telah ditetapkan agar tujuan
dapat tercapai.
Struktur
organisasi di PT Indomarco Prismatama terdiri dari
a. Branch
Manager.
b. Deputy
Branch Manager.
c. Manager-manager
yang bertanggung jawab terhadap masing-masing departemen di bawah
pengawasannya.
Departemen-departemen
yang ada dalam struktur organisasi PT. Indomarco Prismatama:
1.
Distribution Center
Sistem
distribusi dirancang seefisien mungkin dengan jaringan pemasok yang handal
dalam menyediakan produk yang terkenal dan berkualitas serta sumber daya
manusia yang kompeten, menjadikan PT. Indomarco Prismatama memberikan pelayanan
terbaik kepada konsumen. Saat ini PT. Indomarco Prismatama di Ancol, Jakarta,
Cimanggis, Depok, Tangerang, Bandung, Surabaya Dan Medan Untuk Cabang Medan.
Untuk menjalin kerjasam dengan para pemasok PT. Indomarco Prismatama memiliki
posisi baik dalam menentukan produk yang akan dijualnya.
2. Area
Bagian
yang betanggung jawab dalam menjalankan operasi took.
3. Finace
Reguler
Bagian
yang bertanggung jawab dalam hal keluar masuk uang atas toko-toko yang dimiliki
PT indomarco Prismatama sendiri.
4. Finance
Franchise
Bagian
yang bertanggung jawab dalam hal keluar masuk uang atas toko-toko yang dimiliki
PT. Indomarco Prismatama yang pengelolaanya sistem franchise yang dikelola oleh
perorangan.
5. Accounting
and Tax Reguler
Bagian
yang bertanggung jawab dalam hal menusun laporan keuangan dan menyusun laporan
pajak untuk toko-toko PT. Indomarco Prismatama Sendiri
6. Accounting
and Tax Franchise
Bagian
yang bertanggung jawab dalam hal menusun laporan keuangan dan menyusun laporan
pajak untuk toko-toko PT. Indomarco Prismatama yang pengelolaanya sistem
franchise/waralaba.
7.EDP
and BIC
Electronic
data procesing yang bertanggung jawab dalam hal mengentri semua data dan
memproses data tersebut untuk menampilkan laporan keuangan secara
terkomputerisasi dan Bagian BIC mengontrol keluar masuknya barang.
8.Personal and General Affair
Bagian
yang bertanggung jawab dalam hal perekrutan karyawan dan mengatur semua
kebutuhan semua departemen yang ada di PT. Indomarco Prismatama dan bagian ini
juga bertanggung jawab dalam hal pelatihan karyawan agar sesuai standart yang
di inginkan PT. Indomarco Prismatama.
9. Development
Bagian
yang bertanggung jawab dalam hal promosi toko.
10. Location
Bertanggung
jawab dalam mencari lokasi yang strategis untuk pembukaan toko-toko baru, yang
tujuannya untuk expansi dan bisa dijangkau oleh konsumen dengan mudah.
11.Project
Bagian
yang bertanggung jawab dalam hal pengembangan toko dan renovasi toko.
12.Supervisor
Bertanggung
jawab memonitor semua rekap dan laporan di setiap divisi atau depertemen yang
membawahinya serta mengontrol kinerja divisi serta membuat laporan kinerja
divisi.
13.Officer
Staf
masing-masing divisi yang dibawahi supevisor dan bertanggung jawab kepada
sepenuhnya kepada supervisor setiap divisi / departemen yang membawahinya.
14.Clerk
Staf yang
membantu officer dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar